Liputan6.com, Jakarta – Indonesia mempunyai keindahan yang tak kalah dengan destinasi wisata di mancanegara. Wisatawan mancanegara pun terpesona dengan keindahan tempat-tempat wisata di Indoensia, salah satunya di Medan, Sumatera Utara, seperti yang diunggah oleh bule Jordan Simons lewat akun Instagram pribadinya @lifeofjord.

Di sana Jordan mengunjungi sejumlah tempat yang memiliki pesona. Mulai dari Danau Toba, Air Terjun Sipiso-Piso, dan Bukit Lawang.

“Did you know that this is the largest volcanic lake in the World!? It’s about 100 kilometres long, 30 kilometres wide and up to 505 metres deep 😯 it was formed by the eruption of a super volcano roughly 70,000 years ago – estimated to be the largest eruption on Earth in the last 25 million years, changing the climate of the entire planet and possibly wiping out most humans living at that time. Wow. (Tahukah Anda bahwa ini adalah danau vulkanik terbesar di dunia!? Panjangnya sekitar 100 meter, lebar 30 kilometer, dan kedalamam hingga 505 meter. Terbentuk oleh letusan gunung berapi sekitar 70 ribu tahun yang lalu – diperkirakan merupakan letusan terbesar di Bumi dalam 25 juta tahun terakhir, yang mengubah iklim seluruh planet dan mungkin memusnahkan sebagian besar manusia yang hidup pada saat itu. Wow),” ungkap Jordan saat berkunjung ke Danau Toba, 15 Januari 2019 lalu.

Di sana Jordan juga menjelajahi seluruh wilayah tersebut dan menemukan bagian Indonesia yang sedikit dikunjungi. Salah satunya Bukit Holbung, sebuah bukit terkenal yang bisa memberikan pemandangan spektakuler Danau Toba sepanjang 100 km. Di sinilah ia sempat mengalami insiden.

“It took us over an hour to drive there and just as we got to the top, I realised I left the key in the scooter at the bottom 😅 Soo we probably would’ve spent longer at the top and enjoyed it more if I wasn’t scrambling down to check on the bike. Luckily it was still there 🙄 (Kami membutuhkan waktu lebih dari satu jam untuk berkendara ke sana dan tepat ketika saya sampai di Puncak, saya menyadari kunci meninggalkan kunci skuter di bawah. Jadi, kami mungkin akan menghabiskan waktu lebih lama di atas dan menikmati lebih banyak (pemandangan) jika saya tidak turun untuk mengecek sepeda. Untungnya masih ada di sana),” tulis Jordan yang juga berprofesi sebagai YouTuber.

2 dari 2 halaman

Air Terjun Sipiso-Piso dan Bukit Lawang

Air Terjun Sipiso-Piso (Dok. Instagram/@thelifeofjord/https://www.instagram.com/p/BszvZq6Agfg/Komarudin)

Jordan bercerita, untuk sampai ke Air Terjun Sipiso-Piso ia harus berkendara selama empat jam melewati bukit-bukit yang tertutup awan, bermalam di wisma setempat, tempat para wisatawan asing. Setelah itu ia bangun saat matahari terbit untuk melihat keindahan air terjun tersebut.

“Ini adalah salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 120 meter. Itu nama Sipiso Piso secara harfiah berarti ‘seperti pisau’, yang persis seperti apa yang ditumbuk ke kolam terjun di bawah ini,” cerita Jordan.

Jordan Simons kemudian berkunjung ke Bukit Lawang, tepatnya di Sumatera Ecotravel Cottages. Ia bertemu dengan orangutan yang sedang berada di sebuah pohon. Ia mengatakan tak percaya bisa bertemu dengan orangutan.

Saksikan video pilihan di bawah ini: