Liputan6.com, Jakarta – Keluarga kerajaan Inggris selalu menjadi perhatian, salah satunya Pangeran Phillip, terkait keputusannya untuk tak memakai sabuk pengaman. Duke of Edinburgh tertangkap kamera dalam Land Rover Freelander minggu lalu saat tak memakai sabuk pengaman duduk di belakang kemudi. Padahal sebelumnya, ia sempat mengalami kecelakaan mobil.

Sementara foto-foto Pangeran Philip menimbulkan kontroversi, mungkin ada alasan yang sangat bagus mengapa para bangsawan tak mengenakan sabuk pengaman.

Mantan petugas perlindungan kerajaan, Simon Morgan, dari Trojan Consultancy, menjelaskan keputusan seperti itu selalu dibuat berdasarkan kasus per kasus. Kadang-kadang, bangsawan tak pakai sabuk pengaman untuk keselamatan mereka sendiri. Misalnya, saat mereka perlu melarikan diri dengan cepat dalam keadaan darurat.

“Selalu ada anomali,” Simon menjelaskan, seperti dikutip Hello!, Selasa (29/1/2019).

“Dalam matriks ancaman dan risiko itu adalah masalah bagaimana melihat setiap situasi individu untuk memutuskan apa cara terbaik untuk mencapai apa yang perlu dicapai. Misalnya, mengingat bahwa masuk atau keluar cepat ke kendaraan lebih mudah ketika orang tidak pakai sabuk pengaman.”

Simon melanjutkan, kadang-kadang penampilan bangsawan perlu diperhitungkan, atau preferensi pribadi mereka.

“Juga, apa yang penting tentang peristiwa atau situasi ini? Apakah penampilan seseorang penting? Dan juga pilihan individu,” katanya seraya menambahkan, “Perlindungan adalah bidang kepolisian yang sangat unik dan ada banyak wilayah abu-abu, tetapi Anda selalu menilai setiap situasi untuk menimbang risiko dan ancaman dengan hasil yang ingin Anda capai.”

Setelah Pangeran Philip terekam tanpa sabuk pengaman pada minggu lalu, banyak yang mempertanyakan apakah bangsawan dibebaskan dari hukum. Ratu dan keluarganya tidak diberikan izin mengemudi gratis, tetapi ada kalanya mereka secara hukum tidak diharuskan mengenakan sabuk pengaman.

Ini termasuk ketika “seseorang [terlibat] dalam prosesi yang diselenggarakan oleh atau atas nama Mahkota atau yang biasanya atau diadakan secara adat”.

Warga negara, termasuk anggota keluarga kerajaan Inggris, juga dibebaskan jika kendaraan mereka tak menggunakan sabuk pengaman seperti di mobil klasik, di mana keluarga kerajaan memiliki beragam merek.

Saksikan video pilihan di bawah ini: