Liputan6.com, Jakarta – Berniat menjadi vegan tapi berpikir ulang karena menganggap gaya hidup itu mahal? Eits, jangan buru-buru mundur. Max Mandias, pemilik restoran Burgreens sekaligus penganut vegan sejak 2014 itu menegaskan gaya hidup vegan tak mahal.

Kepada Liputan6.com, Senin (28/1/2019), ia mengatakan vegan justru bisa menghemat pengeluaran. Ada beberapa tips bisa dipraktikkan oleh Anda sehari-hari.

Poin pertama menjadi vegan dan tetap hemat adalah fokus di bahan lokal. Max mengungkapkan, protein terbaik dari Indonesia adalah tempe dan kacang hijau. Ada pula olahan kedelai yang dinamakan proteina yang secara gram, kandungan proteinnya lebih tinggi daripada daging.

“Dan mereka harganya bisa 1/10-nya daging,” kata Max.

Ia juga mengingatkan bahan sehat bukan hanya terdapat dalam quinoa, almond, dan chia seed yang notabene mahal. Max mengatakan, Indonesia memiliki sumber karbohidrat kompleks yang beragam dan tentu saja harganya lebih terjangkau.

“Singkong, ubi ungu, ubi Cilembu, beras merah, jali jali, beras hitam, dan lain-lain,” urainya seraya menambahkan harganya paling mahal Rp 15 ribu per kilogram.

Di sisi lain, sayur juga tidak perlu beli yang organik walau memang diakui kualitas organik lebih baik. Menurut Max, makan sayur konvensional lebih baik dibandingkan tidak makan sayur sama sekali.

“Fokus juga di sayuran lokal saja, sayuran hijau daun, wortel, tomat, okra, labu, jamur, dan lain-lain,” tuturnya.

2 dari 2 halaman

Kunci Hilangkan Pestisida

Yuk ketahui sayur dan buah yang bisa bikin para cewek awet muda. (Sumber Foto: BBC.com)

Tentu, ada pekerjaan rumah yang wajib dilakukan ketika membeli sayuran nonorganik, yakni mencucinya. Untuk hal ini, ia berbagi tips. Sayuran tersebut bisa direndam dulu dalam larutan asam Jawa atau larutan garam selama 20 menit kemudian dibilas.

Komposisinya, 50 gram asam jawa (tanpa biji) dilarutkan dengan 1 liter air. “Rendam sayuran selama 15-20 menit. Removal rate dari pestisida 93 persen,” tuturnya.

Bagaimana dengan buah? Max kembali menyarankan untuk memilih yang lokal dan sedang musim. “Jangan memaksakan kemauan ingin makan buah yang tidak musim karena selain rasanya pasti nggak seenak biasanya, harganya pun mahal,” ujarnya.

Jadi, daripada membeli blueberry atau blackberry, mending Anda memilih buah naga atau stoberi. Atau daripada apel Washington, para vegan mending membeli buah nenas.

“Sekarang lagi musim sawo, belilah sawo. Pepaya adalah salah satu yg antioksidannya tinggi. Semangka juga bawa banyak manfaat. Dan mereka semuanya harganya sangat terjangkau,” ucapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini: