Liputan6.com, Jakarta Saat kamu bersiap memulai traveling, biasanya kamu akan fokus mengemas pakaian-pakaian keren yang akan dipakai. Namun terkadang pakaian dan barang-barang yang dibawa tidaklah begitu penting bahkan tidak akan digunakan saat travelling. 

Jadinya kamu sebenarnya membawa barang-barang yang ternyata tidak kamu butuhkan. Dan hal yang paling buruk adalah kamu lupa mengemas benda-benda penting yang akan berguna untuk perjalananmu.

Boleh jadi, barang-barang ini terlihat sepele namun akan sangat penting saat kamu benar-benar membutuhkannya. Jadi, pastikan barang-barang tersebut ada di kopermu saat traveling.

Berikut 8 Benda yang harus ada di kopermu saat traveling yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Selasa (29/01/19).

2 dari 5 halaman

Gembok dan Hand Sanitizer

Ilustrasi kunci gembok (Sumber: Pixabay)

Gembok

Terkadan tempatmu menginap tidak terlalu meyakinkan keamanannya. Mungkin kamu tidak begitu saja percaya dengan keamanan yang diberikan terhadap barang-barangmu. Kamu perlu membawa gembok tambahan untuk memastikan keamanan barang-barangmu di tempat tersebut.

Hand Sanitizer

Pernahkah kamu memikirkan berapa jumlah orang dan kuman-kuman yang berkontak langsung denganmu, bahkan sebelum kamu sampai di tempat tujuan?

Meski tidak selalu demikian, namun tempat-tempat umum merupakan sarang kuman terbesar. Kamu tak akan tahu kuman apa saja yang menempel padamu selama berada di tempat umum. Hand sanitizer atau pembersih tangan mungkin satu-satunya penyelamat saat kamu terancam kuman.

Pasti tidak menyenangkan kan, saat traveling tiba-tiba kamu sakit? Nah benda ini harus ada di kopermu ya.

3 dari 5 halaman

Pelembab bibir dan Tabir Surya

Pelembab Bibir

Mungkin ada beberapa darimu yang tak mau repot mengenakan make up saat travelling, apalagi jika perjalananmu adalah perjalanan low-budget.

Namun pelembab bibir sangat penting untuk perjalananmu. Benda ini harus ada di kopermu saat travelling ya. Jika kamu naik pesawat, maskapai penerbangan terkenal memiliki udara super kering yang akan membuat bibirmu pecah-pecah. Kamu pasti tak mau punya bibir pecah-pecah selama liburan bukan?

Selain menyelamatkanmu dari bibir pecah-pecah, pelembab bibir juga dapat menjadi pertolongan pertama saat kulitmu kering, atau dapat memperbaiki reseleting celanamu yang macet.

Bagaimana, masih mau melupakan pelembab bibir di perjalanan berliburmu?

Tabir Surya

Mungkin kamu akan mengemas sunscreen di kopermu saat kamu hendak traveling ke pantai atau tempat-tempat tropis dengan panas yang menyengat. Kamu tahu bahwa kamu akan menghabiskan sepanjang waktu di pantai dengan terik matahari dan kamu tak mau terbakar matahari.

Namun kebanyakan orang tidak mau repot membawa sunscreen atau tabir surya ketika mereka berlibur ke tempat yang lebih dingin. Tapi sunscreen juga penting bahkan ditempat dingin sekalipun.

Matahari tetap dapat merusak kulitmu bahkan di tempat yang dingin sekalipun seperti tempat bersalju, atau pegunungan.

4 dari 5 halaman

Kotak P3K dan Power Bank

Ilustrasi kotak P3K (Sumber: Pixabay)

Kotak P3K

Benda ini harus ada di kopermu saat travelling. Kamu tidak akan pernah tahu kapan akan membutuhkan barang-barang P3K. Memang biasanya ada apotek atau took obat di sekitar tempatmu berlibur, kamu bisa membelinya jika membutuhkan.

Namun bagaimana jika ada kondisi tertentu yang tak memungkinkanmu untuk pergi ke apotek untuk membeli barang untuk pertolongan pertama? Misalnya pada tengah malam kamu mual atau sakit perut, atau kakimu lecet karena terlalu banyak berjalan.

Membawa kotak P3K sendiri akan sangat membantumu selama travelling. Kamu cukup mengisinya dengan plester luka, perban, pembalut, obat anti mual, dan obat pereda nyeri.

Kamu tak perlu akan menghemat biaya, selain itu jika kamu melakukan travelling ke tempat yang memiliki bahasa berbeda dengan bahasamu, kamu tak perlu kesusahan menjelaskan obat apa yang kamu butuhkan dalam bahasa asing.

Power Bank

Saat ini kamu hidup di dunia di mana akan terasa menyebalkan saat ponselmu mati di waktu yang kurang tepat. Kamu butuh terus berhubungan dengan teman dan keluarga, mencari jalan di Maps, memesan transportasi online, bertransaksi, dan masih banyak lagi yang harus dilakukan dengan ponsel.

Dan sekali ponselmu, kamu akan merasa tersesat tak tahu arah, bahkan di tempat yang kamu kenali sendiri. Bayangkan jika kamu berada di tempat asing, mungkin akan membuatmu cukup frustasi.

5 dari 5 halaman

Kartu Memori Cadangan dan Ziplock Bag

Kartu Memori Cadangan

Jika kamu membawa kamera dan kamu suka mengambil foto atau gambar saat travelling, bawalah kartu memori ekstra. Hanya untuk berjaga-jaga saja. Kamu mungkin butuh memori tambahan karena kartu memorimu menuh atau kartu memori utamamu tiba-tiba tak dapat digunakan.

Atau jika kamu memakai ponsel untuk mengambil foto atau video pastikan kamu telah menyinkronkan ponselmu dengan penyimpanan online seperti Google Drive atau iCloud.

Benda ini harus ada di kopermu saat travelling.Dengan begitu kamu tak akan kehilangan kenangan atau kehabisan ruang penyimpanan. 

Ziplock Bag

Ziplock bag sebenarnya sangat ajaib, namun orang sering melupakan benda ini saat travelling. Ziplock bag sangat berguna untuk menyimpan pakaian kotor atau pakaian basah karena tidak akan bocor atau mengeluarkan bau apapun saat kamu bawa pulang.

Ziplock bag juga bagus untuk menjaga barang elektronikmu tetap kering. Apalagi jika kamu berniat membawa cairan seperti sabun atau minyak tas ini akan menjaga cairanmu tak tumpah diseluruh koper.