Liputan6.com, Jakarta – Para seniman muda berbakat Indonesia memiliki peluang besar untuk dapat mengiikuti pelatihan Broadway di New York. Bakti Budaya Djarum Foundation lewat program Ruang Kreatif mempersembahkan Indonesia Menuju Broadway.

Program ini juga menjalin kerjasama dengan Passport to Broadway, New York. Indonesia Menuju Broadway adalah program beasiswa pelatihan bagi seniman muda untuk mendapatkan ilmu panggung standar Broadway di Indonesia.

“Ruang kreatif merupakan program inisiatif Indonesia Kaya yang memiliki tujuan untuk mengenalkan seni pertunjukan dan tradisi Indonesia, serta menjadi wadah untuk memupuk dan memotivasi talenta pekerja seni pertunjukan khususnya kepada generasi muda,” kata Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Renitasari menambahkan, sebelumnya program ruang kreatif ditujukan bagi para komunitas seni dan manajemen produksi seni pertunjukan. Kali ini, lebih menyasar pada seniman muda yang berbakat di bidang akting, menyanyi, dan menari.

Calon peserta dapat mendaftarkan diri melalui situs www.indonesiakaya.com untuk mengikuti program ini dan mengisi formulir pendaftaran. Adapun Pendaftaran dibuka mulai 10-28 Januari 2019.

Nantinya, panitia bakal menyaring berkas yang masuk. Peserta yang lulus seleksi akan dihubungi melalui telepon paling lambat 30 Januari 2019 dan dapat mengikuti proses audisi.

Sederet juri berpengalaman di bidang seni hadir dalam proses audisi, mereka adalah Ari Tulang, Andrea Miranda, Garin Nugroho, dan Ufa Sofura. Audisi dilaksanakan 3-4 Februari 2019 di Balai Resital Kertanegara.

Usai audisi, akan dipilih 70 orang yang berkesempatan ikut program pelatihan di Balai Resital Kertanegara, Jakarta pada 20-24 Februari 2019. Kemudian, akan dipilih 10 peserta yang mendapat beasiswa pelatihan di New York di Juli 2019.

“Telah banyak seniman dan komunitas seni muda yang lahir dari program ruang kreatif dan menampilkan nuansa baru di dunia seni pertunjukan Indonesia. Dalam proyek kolaboratif bersama para pengajar dari Broadway, tentunya akan memberi pandangan baru bagi para seniman-seniman muda untuk menciptakan karya seni pertunjukan,”¬†jelas Garin Nugroho.

“Program ini menjadi program yang menantang dan diharapkan dapat mendorong peserta untuk memberikan hasil yang terbaik,”¬†tambahnya.

Bersama para pengajar dari StudentsLive – Passport to Broadway, NYC, sebanyak 70 peserta yang lolos audisi diberi pelatihan menari, menyanyi, dan akting sesuai kurikulum musikal dan teater Broadway. Para peserta selama lima hari mendapat kesempatan eksklusif untuk bekerja bareng tim Broadway yang terdiri dari sutradara Broadway, direktur musik, koreografer, dan tim produksi.

Dalam kurun waktu 18 tahun, StudentsLive – Passport to Broadway telah menarik lebih dari 350 ribu peserta. Misi program ini untuk menciptakan sumber informasi pendidikan, dan memberikan akses bagi para peserta untuk menuju panggung Broadway.

“Program ruang kreatif Indonesia Menuju Broadway ini juga memberikan akses dan peluang bagi para aktor dan aktris seni pertunjukan Indonesia agar dapat merasakan pelatihan ala Broadway dan juga kesempatan untuk dapat mengikuti audisi di New York, kemudian menjadi salah satu pemeran Broadway dan membawa nama harum Indonesia ke kancah internasional,” tutup Renitasari.

Saksikan video pilihan di bawah ini: