Liputan6.com, Jakarta – Setiap orangtua ingin anak mereka menjadi sosok bijaksana dan lebih cerdas. Mereka berharap bisa melihat anak mereka berprestasi di sekolah. Beragam upaya pun dilakukan, termasuk guru, orangtua maupun siswa sendiri agar menjadi menangkap dengan mudah apa yang disampaikan guru.

Namun, beberapa [anak](3879027 “”)tak dapat berkonsentrasi, meskipun ada upaya terbaik dari semua pihak. Apa yang menjadi alasannya? Bisakah astrologi atau Vastu menjadi salah satu alasannya?

Berikut pembahasan Vastu untuk ruang belajar anak Anda, seperti dilansir dari boldsky, Senin, 28 Januari 2019. Vastu didasarkan pada pengamatan bahwa kondisi spasial dan lingkungan tertentu, dapat dikombinasikan selaras dengan unsur-unsurnya, salah satunya rumah, dalam hal ini ruang belajar.

Lokasi Ruang Belajar

Ruang belajar bisa terletak di barat, timur atau timur laut rumah. Ini adalah arah yang menguntungkan untuk ruangan.

Jendela Ruang Belajar

Jendela harus berada di arah timur, barat atau utara. Namun, duduk tepat sebelum jendela dapat menyebabkan gangguan bagi anak.

Anak Saat Belajar

Anak juga harus menghindari duduk tepat di bawah sinar cahaya saat belajar. Sementara duduk dengan wajah menghadap ke jendela dianggap tak baik, dinding yang dihadapinya juga tak boleh kosong. Adalah baik jika ada tembok di belakang anak saat belajar. Siswa harus menghadap ke arah timur atau utara saat belajar.

Pintu Ruang Belajar

Pintu-pintu harus berada di arah timur, barat, timur laut atau utara. Pintu di sudut tenggara, barat daya atau barat laut tidak dianggap baik.

Kamar Mandi di Ruang Belajar

Jika mungkin toilet di dekat area belajar harus dihindari. Dikatakan bahwa mereka membawa energi negatif ke dalam rumah. Namun, kamar mandi masih bisa ada di sana.

2 dari 2 halaman

Meja Belajar

Orangtua perlu menyadari bahwa anak juga butuh konsentrasi, sama halnya dengan saat kita bekerja. Karena itu, mereka juga membutuhkan tempat yang nyaman dan kondusif untuk aktivitas belajarnya.

Lebih baik jika meja berbentuk persegi atau persegi panjang. Jadi hindari menggunakan bentuk lain seperti bulat atau lainnya. Jangan pernah menaruh meja terlalu melekat pada dinding, jaga jarak beberapa inci.

Lampu Belajar

Lampu belajar, jika ada, harus ditempatkan di sudut tenggara meja.

Lemari

Lemari tempat menyimpan buku-buku harus ditempatkan di arah utara atau timur. Kebersihan lemari ini sangat penting.

Komputer

Komputer idealnya ditempatkan di sudut tenggara area belajar.

Jam di Ruang Belajar

Jam harus berada di dinding utara. Menguntungkan jika itu adalah jam pendulum.

Warna Dinding

Warna dinding tak boleh terlalu terang atau gelap. Warna-warna terang sangat disarankan. Tempat belajar tak harus berantakan.

Saksikan video pilihan di bawah ini: