Liputan6.com, Jakarta Setiap wanita pasti menginginkan makeup atau riasan wajahnya bisa tahan lama. Pasalnya, sebagian wanita kurang percaya diri saat dirinya tidak memakai makeup. Dengan riasan wajah, mereka—wanita—bisa menjadi salah satu alasan agar terlihat cantik.

Ingat, dalam makeup pun kamu perlu menyesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai contoh, saat kamu pergi bersama teman-teman, kamu hanya perlu makeup natural saja. Prosesnya yang mudah dan mampu membuat wajah terlihat alami jadi andalan teknik makeup tersebut.

Namun, tidak semua kulit wajah saat makeup bisa tahan lama. Apalagi, bagi kamu yang memiliki wajah berminyak. Pasalnya, minyak yang dihasilkan kulit akan menganggu makeup dan membuat tidak tahan lama. Tentu, hal itu mengharuskanmu untuk sering touch up.

Nah, kamu yang mempunyai jenis kulit tersebut, dilansir Liputan6.com, berikut tips makeup natural dan tahan lama walaupun wajah berminyak.

Rajin bersihkan wajah

Sebelum kamu menggunakan produk kosmetik untuk makeup, hal pertama yang perlu lakukan dalam perawatan wajah ialah mencuci wajah dengan air atau pembersih wajah. Dengan begitu, hal itu akan membersihkan kotoran pada wajah pada permukaan kulit dan membantu makeup merata ke seluruh wajah.

Kalau kamu lalai, sisa makeup dan kotoran akan menempel dan memicu masalah pada wajah. Lakukan usapan menggunakan tangan di wajah secara lembut. Kamu juga bisa menggunakan kain pembersih khusus untuk wajah.

Pilih produk makeup bebas minyak

Kamu bisa gunakan produk kosmetik yang bebas minyak. Jadi, makeup yang mengandung minyak justru akan membuatnya cepat luntur. Maka dari itu, untuk perawatan wajah gunakan makeup yang bebas minyak. Untuk jenis kulit berminyak, sebaiknya gunakan makeup yang mengandung non-comedogonic sehingga pori-pori tidak tersumbat.

Jangan pakai bedak berlebih

Salah satu yang perlu diperhatikan agar makeup natural dan tahan lama ialah mengurangi pemakain bedak. Nah, agar terlihat menggunakan makeup natural, pemakaian bedak harus diminimalisir.

Agar tampil maksimal, gunakan bedak tabur. Kamu bisa menggunakan brush untuk meratakan bedak dalam perawatan wajah. Ingat, secukupnya saja. Nantinya, jika kamu menggunakan bedak tebal, maka pori-pori kulit wajah akan mengeluarkan lebih banyak minyak.

Memakai concealer

Salah satu trik lainnya, ialah menggunakan concealer. Apalagi, bagi kamu yang punya beberapa imperfections pada kulit, seperti bekas jerawat, bintik hitam, dan kantung mata.

Bicara kantung mata, sebaiknya pilih concealer dengan warna yang sedikit lebih terang dari foundation kamu, sedangkan untuk menutupi bekas jerawat dan bintik hitam, kamu bisa menggunakan concealer dengan warna yang sama dengan foundation.

Riasan mata

Kamu bisa memulai makeup natural dan tahan lama dengan merapikan alis, lalu menggunakan pensil alis berwarna cokelat muda. Hal itu untuk membuat alis kamu menonjol namun tetap terkesan natural.

Setelah itu, gunakan eye shadow dengan warna bernuansa nude, seperti pink, peach, dan light brown pada kelopak mata kamu. Kamu juga bisa menambahkan eyeliner dan maskara waterproof untuk melengkapi riasan mata.

Face primer

Penggunaan ini sangat penting dalam tips ini. Yap, primer sangat penting dilakukan saat memulai makeup natural dan tahan lama. Setelah mengaplikasikan pelembap, kamu bisa melanjutkan dengan mengoleskan face primer pada area wajah.

Hal itu bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori dan menahan minyak berlebih pada wajah. Primer juga bisa membuat foundation menempel dengan sempurna dan tahan lama pada kulit.

Kalau sudah begitu, kamu hanya perlu membeli produk kosmetik yang terjamin dengan kualitas bagus tentunya. Maraknya produk makeup dan perawatan wajah yang menggunakan bahan yang berbahaya membuat beberapa orang enggan membeli sembarang tempat. Maka dari itu, cermat dalam membeli produk menjadi modal penting.

Agar tak salah, kamu bisa membelinya di iLOTTE.com. Pasalnya, situs belanja online tersebut merupakan situs belanja online terpercaya yang menawarkan beragam produk pilihan dengan koleksi terlengkap, seperti produk kecantikan.

Beragam produk perawatan wajah pun tersaji dalam situs tersebut. Tentu dengan kualitas terjamin.

Coba deh!

(Adv)