Liputan6.com, Jakarta Australia menjadi salah satu destinasi liburan favorit para wisatawan, termasuk warga Indonesia. Setiap kota di Australia menawarkan keindahan alam dan kekayaan budaya yang mampu memukau siapapun yang melihatnya.

Salah satu daerah di Australia yang memiliki segudang pesona tapi belum diketahui banyak orang adalah Kangaroo Island. Anda hanya membutuhkan waktu 48 jam saja untuk menjelajahi pulau yang terletak di selatan Australia, tepatnya di bagian barat daya Kota Adelaide ini.

Apabila tertarik berkunjung ke Kangaroo Island, Anda bisa terbang dengan maskapai penerima penghargaan terbanyak, Singapore Airlines. Terlebih lagi, untuk rute ini Singapore Airlines mulai 17 Desember 2018 telah menggunakan pesawat jenis baru, yaitu A350 – 900 Medium Haul. Pesawat tipe ini akan berangkat dari Singapura ke Adelaide satu kali setiap hari, yaitu pada pukul 23.35 waktu Singapura.

Ketika tiba di Kangaroo Island, berikut beberapa tempat wisata yang dapat Anda kunjungi selama dua hari di sana. Simak, yuk!

1. Seal Bay

Singa laut di Seal Bay (©South Australia Tourism Commission).

Rasakan pengalaman berinteraksi dengan singa laut di Seal Bay. Di sana, Anda bisa melihat hewan yang terancam punah ini tanpa terhalang oleh kandang atau pagar. Sambil melihat singa laut beraktivitas di habitat aslinya, Anda akan mendengarakan penjelasan dari guide tentang bagaimana hewan ini berburu, berenang, beristirahat, berinteraksi dengan anak-anaknya, dan melindungi wilayahnya. Jika Anda pecinta hewan, maka pengalaman ini sungguh sayang untuk dilewatkan.

2. Flinders Chase National Park

Remarkable Rocks di Flinders Chase National Park (©South Australia Tourism Commission).

Di tempat ini, Anda akan melihat dua situs ikonik, yakni Remarkable Rocks dan Admirals Arch. Ada cerita menarik di balik dua situs ikonik ini. Tahukah Anda, bahwa dibutuhkan air hujan, angin, dan ombak selama 500 tahun untuk menghasilkan batu granit raksasa, Remarkable Rocks? Begitu juga dengan Admirals Arch. Jembatan batu yang berada di dekat mercusuar Cape du Couedic ini terbangun setelah ribuan tahun erosi. Anda bisa menikmati pemandangan dua situs ini dengan berjalan mengelilingi taman Flinders Chase National Park. Bahkan, Anda bisa menginap di pondok penjaga mercusuar.

3. Kangaroo Island Wildlife Park

Tak lengkap rasanya kalau ke Australia tidak melihat koala. Nah, karena itu Anda wajib mengunjungi Kangaroo Island Wildlife Park. Lahan seluas 5.000 hektare ini merupakan rumah bagi lebih dari 1.000 hewan. Mulai dari koala yang bisa Anda peluk, kangguru dan wallaby yang dapat Anda beri makan, wombat, echidnas, hingga burung dan reptil.

Selain di Kangaroo Island Wildlife Park, Anda juga bisa melihat koala liar berkeliaran di Hanson Bay Wildlife Sanctuary. Di sana, Anda bisa melilhat 15 -20 ekor koala pada jam-jam yang sudah ditentukan.

4. The Oyster Farm Shop

Setelah menjelajahi beberapa tempat di Kangaroo Island, Anda bisa menikmati makan siang di The Oyster Farm Shop. Tempat Anda bisa makan seafood lokal, seperti kerang, marron dan abalone. Semuanya dimasak secara fresh langsung di tempatnya. Sungguh menggiurkan!

5. Kangaroo Island Outdoor Action

Sandboarding seru di Kangaroo Island Outdoor Action (©South Australia Tourism Commission).

Apabila Anda ingin melakukan aktivitas yang sedikit memacu adrenalin, Anda bisa mengunjungi Kangaroo Island Outdoor Action. Di sana, para wisatawan bisa melakukan segudang aktivitas outdoor sambil mengeksplorasi wilayah Kangaroo Island yang tersembunyi. Anda dapat mengendarai quad bikes untuk mengelilingi lahan seluas 500 hektare ini sambil melewati jalanan penuh semak, padang rumput, atau jalan bebatuan. Selain itu, Anda juga bisa menyewa sandboards atau tobbogan untuk berselancar di gundukan pasir bernama Little Sahara.

5. Mengikuti tur 4WD

Pada hari kedua Anda bisa ikut tur Kangaroo Island Wilderness Tours bersama sekelompok warga lokal. Anda akan diajak berkeliling ke tempat-tempat menakjubkan di Kangaroo Island menggunakan kendaraan roda empat yang super nyaman. Anda akan diajak ke alam terbuka, mengunjungi destinasi-destinasi indah, dan makan siang dengan menu daging barbeque. Tenang saja, ada pilihan daging halal kok.

Bagaimana, banyak sekali kan tempat wisata menarik di Kangaroo Island? Yuk, segera rencanakan liburan Anda ke Adelaide bersama Singapore Airlines!

Singapore Airlines A350 – 900 Medium Haul (©Singapore Airlines).

Maskapai yang dinobatkan sebagai “World’s Best Airline” oleh SKYTRAX tersebut memiliki kabin yang luas dan nyaman. Pesawat Singapore Airlines A350-900 terdiri dari dua kabin, yaitu Business Class dan Economy Class.

Di Business Class yang terdiri dari 40 kursi, setiap kursinya memiliki ruang kaki seluas 44 inch. Jadi, Anda tak perlu khawatir akan merasa pegal dan sempit saat menempuh perjalanan jauh. Lebih nyaman lagi, kursinya juga dapat diatur menjadi tempat tidur dengan panjang 76 inch dan lebar 26 inch.

Kursi nyaman di kelas bisnis Singapore Airlines A350 – 900 Medium Haul (©Singapore Airlines).

Penumpang di Business Class juga dapat menikmati hiburan dari Full High Definition touchscreen monitor 17 inch, lampu baca yang bisa disesuaikan tingkat pencahayaannya, serta USB ports dan daya listrik untuk mengisi daya gadget. Tersedia pula wadah untuk menaruh barang-barang pribadi.

Adapun penumpang di Economy Class akan memperoleh pengalaman terbang yang tak kalah nyaman. Bagaimana tidak, setiap sandaran kursinya dirancang secara ergonomis untuk meningkatkan relaksasi. Sandaran kepalanya juga dapat disesuaikan hingga enam posisi dan dilengkapi dengan foldable wings untuk menopang leher.

Kelas ekonomi Singapore Airlines A350 – 900 Medium Haul (©Singapore Airlines).

Singapore Airlines juga menyiapkan wadah untuk menempatkan barang kecil, gantungan baju, dan layar touchscreen Full High Definition 11,6 inch di setiap kursi Economy Class. Sama seperti Business Class, penumpang Economy Class juga dapat menikmati USB ports dan daya listrik untuk mengisi daya gadget.

Tak hanya kabinnya yang nyaman, Anda juga bisa menikmati hidangan makanan dari koki ahli dalam pesawat tersebut. Tak sembarangan, sang koki memperhatikan dengan detil setiap elemen yang digunakan dalam menyiapkan hidangan, termasuk memperhatikan tekanan kabin. Pasalnya, tekanan udara di kabin dapat mempengaruhi rasa. Misalnya, makanan yang kaya bumbu jadi terasa lebih ringan.

Untuk mengetes tekanan kabin, para koki membawa makanan ke ruang simulasi yang telah diatur tekanannya. Mereka menghabiskan beberapa jam di sana untuk mengolah rasa hingga makanan tersebut terasa enak ketika dikonsumsi di ketinggian 30.000 kaki.

Selain itu, maskapai yang mendapatkan penghargaan sebagai “World’s Best Airline” dari SKYTRAX tersebut juga menyediakan in-flight entertainment teranyar di dalam pesawat Singapore Airlines A350-900. Menggunakan sistem hiburan Thales AVANT, penumpang dapat memilih lagu dan membuat playlist di aplikasi SingaporeAir, lalu mengirimkannya ke myKrisWorld lewat gadget yang terkoneksi ke Near Field Communication (NFC). Saat sudah lepas landas, Anda pun dapat menikmati playlist itu di layar yang tersedia di kursi.

Sistem entertainment mumpuni di Singapore Airlines A350 – 900 Medium Haul (©Singapore Airlines).

Semakin melengkapi kenyamanan Anda, di dalam pesawat tersebut juga tersedia Wi-Fi dengan kecepatan tinggi dan lampu yang dirancang khusus untuk mengurangi jet lag. Yuk, jalan-jalan ke Adelaide dengan Singapore Airlines!

(Adv)