Liputan6.com, Jakarta – Bukan hanya pantai dan laut yang keindahannya mampu menghipnotis mata manusia. Gunung-gunung pun memiliki pemandangan yang sangat memukau.

Tidak heran banyak orang maupun kelompok pecinta alam yang suka menghabiskan waktu dengan menaklukkan gunung dan menikmati pemandangan yang sangat indah dari puncaknya. Banyak sekali gunung yang terdapat di seluruh dunia termasuk di Indonesia dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Gunung yang semakin tinggi, biasanya tingkat bahaya untuk pendakiannya juga semakin besar. Ukuran tinggi sebuah gunung adalah ketinggiannya di atas permukaan laut. Ada banyak puncak gunung yang tingginya di atas 3000 sampai 6000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Meski begitu tak semua menyajikan pemandangan yang sangat indah. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini ada enam puncak tertinggi di dunia dan di Indonesia dengan pemandangan alam yang memukau dan jadi impian para pendaki gunung untuk ditaklukan.

Carstensz

Puncak Jaya atau biasa dikenal Carstensz Pyramid mempunyai ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl). Puncak tertinggi di Indonesia ini masuk sebagai kawasan Situs Warisan Dunia UNESCO. Carstensz masuk dalam daftar ‘Seven Summits’ yaitu gunung-gunung tertinggi dari tujuh benua di dunia.

Puncak yang terletak di Pegunungan Sudirman, Papua Barat ini disematkan berdasarkan nama orang pertama yang berhasil mengamati gletser di gunung ini yaitu Jan Carstenszoon dari Belanda pada 1623. Pada 1963, puncak ini berganti nama menjadi Puncak Soekarno, setelah itu kemudian diganti menjadi Puncak Jaya. Nama Piramida Carstensz sendiri masih digunakan di kalangan para pendaki gunung.

Mahameru

Puncak Mahameru termasuk puncak paling populer di Indonesia. Terletak di Gunung Semeru, puncak ini memiliki ketinggian 3.676 mdpl dan berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gunung Semeru sendiri termasuk gunung api yang masih aktif dan menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Gunung ini pertama kali dipuncaki pada 1838 oleh Clignet dan Winny Brigita dari Hindia Belanda. Mahameru punya banyak pemandangan indah dan menarik karena gunung Semeru mempunyai beragam macam tanaman seperti pohon cemara, pinus dan akasia. Selain itu ada tumbuhan seperti alang-alang dan edelweiss putih. Lalu ada beragam jenis hewan seperti macan kumbang, kijang, kancil dan belibis.

2 dari 3 halaman

Everest

Puncak Everest atau Mount Everest di pegunungan Himalaya. (AFP)

Gunung Everest merupakan puncak tertinggi di dunia, dan juga merupakan gunung tertinggi di dunia dengan pemandangan menakjubkan. Dilansir The Guardian, Everest terletak di perbatasan Nepal-Tibet, dan masuk dalam barisan pengunungan Himalaya, dengan puncaknya berada di ketinggian 8.850 mdpl.

Gunung ini juga punya dua nama lain yaitu Chomolangma atau Qomolangma di Tibet, dan Sagarmatha di Nepal. Menyambangi dan menaklukan Gunung Everest adalah impian utama para pendaki gunung di seluruh dunia.

Indrapura

Di Sumatera ada gunung Kerinci yang mempunyai puncak Indrapura yang berada pada ketinggian 3805 mdpl. Gunung Kerinci sendiri merupakan gunung tertinggi di Sumatera, gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua. Gunung ini terletak di Provinsi Jambi yang berbatasan dengan provinsi Sumatera Barat, di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang.

Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatra. Di puncak Indrapura para pendaki dapat melihat di kejauhan membentang pemandangan indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas.

Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera. Gunung Kerinci merupakan gunung berapi bertipe stratovolcano yang masih aktif dan terakhir kali meletus pada 2009. Pada 19 Januari 2019, gunung ini sempat mengalami erupsi yang membuat para pendaki disarankan untuk menunda melakukan pendakian sampai kondisi gunung Kerinci kembali stabil.

3 dari 3 halaman

Kilimanjaro

Gunung Kilimanjaro di Tanzania, Afrika. (dok.Instagram @kilimanjaro.summit/https://www.instagram.com/p/Bj6loGvDhGJ/Henry

Beberapa puncak gunung tertinggi di dunia selalu diselimuti salju, termasuk Gunung Kilimanjaro yang juga disebut dengan ‘Gunung Putih’. Padahal, gunung ini terletak di Afrika tepatnya di Tanzania yang merupakan wilayah tropis. Kilimanjaro juga menjadi puncak tertinggi di benua Afrika dengan ketinggian 5.895 mdpl.

Lapisan salju di tempat ini juga sudah mulai berkurang tapi tetap jadi favorit para pendaki gunung. Yang sangat unik dan khas dari tempat ini adalah sinyal telepon genggam berbasis GSM bisa ditangkap di puncak gunung. Kita juga bisa melihat berbagai tanaman dan hewan dari atas gunung karena tanah d kawasan Kilimanjaro termasuk lebat dan subur sehingga banyak terdapat tanaman serta berbagai jenis hewan.

Mont Blanc

Tak hanya Asia dan Afrika, Eropa juga punya puncak gunung tertinggi, yatu Mont Blanc yang termasuk ke dalam barisan pegunungan Alpen. Gunung tertinggi di kawasan Eropa Barat ini terletak di Prancis dan Italia.  Puncak Gunung Mont Blanc berada di ketinggian 4.810 mdpl. Gunung yang juga disebut dengan nama ‘Monte Bianco’ ini dalam bahasa Italia berarti ‘Gunung Putih’.

Itu karena dataran tinggi di gunung ini selalu diselimuti salju setiap tahunnya. Pemandangan ‘Gunung Putih’ inilah yang membuatnya tampak luar biasa. Dilansir dari Charmonix, gunung ini tidak selalu seindah yang terlihat karena perubahan cuaca dan badai ekstrem sering terjadi yang membuat suhu udara bisa mencapai minus 30 derajat celcius.

Untuk mendaki Mont Blanc, diperlukan persiapan yang sangat matang, peralatan lengkap, fisik yang prima dan sebaiknya dilakukan pendaki yang punya cukup pengalaman dan kalau bisa menyewa jasa pemandu profesional yang harganya tentu tidak murah.

Saksikan video pilihan di bawah ini: