Liputan6.com, Jakarta Bagi perempuan muslim, berhijab merupakan suatu kewajiban pada setiap wanita. Dengan semakin banyaknya wanita muslim yang memiliki kesadaran untuk menutup aurat, tentu tak mengherankan jika hijab di Indonesia memiliki banyak variasi, dari bahan, model hingga penggunaanya. Bukanlah suatu yang mengherankan, melihat Indonesia merupakan salah satu kiblat fashion hijab di dunia.

Sayangnya, terkadang wanita sulit tampil percaya diri dengan bentuk wajahnya. Seperti yang diketahui, bahwa ada tujuh macam bentuk karakter wajah seseorang. Diantaranya wajah dengan bentuk bulat, lonjong, pir, bujur, ada juga menyerupai hati, berlian, serta wajah persegi (kotak).

Masing-masing dari karakter di atas memiliki kelebihan dan kelemahan sendiri. Contohnya hijaber yang terlahir dengan bentuk wajah kotak. Wanita yang memiliki wajah kotak seperti itu, terkesan tegas.

Namun, kebanyakan wanita merasa kurang percaya diri dengan bentuk wajahnya yang bulat karena terlihat lebih gemuk. Sehingga banyak di antara perempuan yang berusaha membuat wajahnya terlihat tirus.

Padahal, bentuk wajah bulat akan terlihat lebih muda daripada bentuk wajah oval, lho. Sebab wajah bulat cenderung memiliki kelembutan alami dan sangat feminin.

2 dari 4 halaman

Cara memakai jilbab untuk wajah bulat

Apakah kamu salah satu hijaber yang memiliki bentuk wajah bulat? Biasanya wajah tipe ini disertai dengan pipi sedikit tembam. Banyak perempuan melakukan berbagai cara untuk membuatnya tampak lebih tirus. Sehingga sesuai dengan harapan mereka.

Jangan sedih, ada banyak cara yang bisa kamu aplikasikan untuk memberikan kesan tirus pada pemakaian jilbab. Untuk kamu yang memiliki wajah bulat bisa memakai panduan cara memakai jilbab segi empat untuk wajah bulat.

Namun ada beberapa cara memakai jilbab segi empat untuk wajah bulat yang perlu diperhatikan agar terlihat lebih tirus. Dalam artikel ini akan menjelaskan cara memakai jilbab segi empat untuk wajah bulat, jilbab segi empat juga bisa digunakan untuk kegiatan formal, glamour ataupun kegiatan sehari-hari.

Jangan lupa untuk berbagi artikel cara memakai jilbab segi empat untuk wajah bulat kepada keluarga, teman dan orang tersayang, agar mereka juga bisa mengetahui cara memakai jilbab segi empat untuk wajah bulat dan tampil lebih kece!

Berikut Liputan6.com Rabu (23/1/2019) rangkum cara memakai jilbab segi empat untuk wajah bulat dari berbagai sumber yang perlu kamu coba!

3 dari 4 halaman

Tips cara memakai jilbab segi empat untuk wajah bulat

Cara Memakai Jilbab Segi Empat Untuk Wajah Bulat (sumber: unsplash)

1. Gunakan jilbab dengan kain tipis dan flowing

Pertama, pilih jilbab kain tipis dan flowing lalu majukan kerudung agar menutupi separuh bagian pipi.

Jangan menggunakan model jilbab yang menumpuk, karena akan memberikan kesan penuh pada wajah yang bulat. Pilih jenis jilbab yang simpel dengan layering seperti hijab instan agar tampilan wajahmu lebih tirus.

2. Pilih model ikatan jilbab

Kedua, dan ini yang paling penting untuk diingat, adalah pilih model ikatan jilbab yang tidak terlalu berat di bagian atas. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

Rentangkan jilbab segiempat, kemudian lipat berbentuk segitiga dan buat sisi sama panjang, sematkan jarum peniti.

Ambil bagian sisi kiri dan letakkan ke bawah sisi kanan kemudian tarik kebelakang, hingga memutar

Selipkan pada lipatan jilbab dan lakukan hal yang sama pada sisi yang kanan.

Setelah selesai, rapihkan jilbab untuk hasil yang lebih maksimal.

Penggunan jilbab yang dililtkan ke leher ala ini cocok untuk kamu yang berwajah bulat karena akan membuat leher telihat lebih jenjang. Dengan mengikuti cara ini, maka tak perlu kurang percaya diri ketika berhijab.

3. Menggunakan ciput

Ketiga, kamu bisa menggunakan ciput untuk salah satu cara untuk membuat hijab tampil lebih rapi. Bagi kamu yang berwajah bulat, bisa memilih jenis ciput yang memiliki poni. Gaya ciput poni banyak dipakai oleh artis Risty Tagor.

4 dari 4 halaman

Pentingnya make up dan aksesori

4. Gunakan Riasan

Keempat, jangan lupakan riasan untuk tampil lebih memukau. Untuk kamu yang berwajah bulat, sesungguhnya kamu hanya perlu sedikit riasan untuk menonjolkan struktur tulang, atau hanya untuk mempercantik riasan pada wajah. Berikut tips riasan yang bisa kamu aplikasikan untuk kamu yang berwajah bulat:

Pilih eyeshadow dengan warna lebih gelap, seperti cokelat, hitam, biru tua, dan ungu.

Contour plus bronzer adalah cara yang luar biasa untuk membuat wajah terlihat oval. Oleskan pada lekuk pipi dan sepanjang rahang dengan brush sudut atau bedak untuk mendapatkan tampilan yang jelas.

Membentuk tulang Pipi dengan memilih warna muda dan tekstur matte, oleskan blush on di bawah tulang pipi. Teknik ini akan membuat wajah terlihat lebih memanjang.

Beranikan pakai lipstik berwarna merah tua agar makeup terlihat lebih tajam sehingga riasan sesederhana itu mampu membuat wajah kamu terlihat lebih tirus.

5. Aksesori

Kelima, kalau ingin memakai aksesori, sebaiknya pilih yang simpel. Jangan ambil aksesori yang memberikan kesan ramai apalagi ditaruh di bagian dekat pipi. Karena akan membuat pipi menjadi pusat perhatian dan orang-orang akan selalu memperhatikan bagian tersebut.

Nah, uraian diatas adalah cara memakai jilbab segi empat untuk wajah bulat yang bisa langsung kamu praktikan di rumah. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir dengan wajah bulat yang kamu miliki, kamu pun bisa tampil lebih percaya diri. Selamat mencoba!

Reporter: Tyas Titi Kinapti