Liputan6.com, Jakarta – Kacang tanah jadi salah satu camilan yang digemari banyak orang. Selain rasanya yang legit saat kunyah, kacang tanah juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kacang tanah memiliki kandungan vitamin E, asam folat, mangaan. Zat-zat tersebut bisa membuat jantung seseorang makin sehat. Lalu, benarkah salah makan kacang tanah bisa menyebabkan orang keracunan?

Selain vitamin, ternyata kacang tanah mengandung aflatoksin yang termasuk dalam golongan senyawa toksik. Kacang tanah yang sudah berjamur atau busuk memiliki kandungan racun yang sangat tinggi.

Selain itu, kacang tanah yang tidak dimasak sempurna juga berbahaya untuk kesehatan. Proses memasak biasa tak akan mematikan racun dalam kacang tanah karena aflatoksin ini hanya bisa rusak di suhu 250 derajat Celcius.

Meski begitu, tak perlu khawatir. Karena ada satu cara yang bisa dilakukan untuk mematikan racun ini di dalam kacang tanah. Caranya adalah dengan menjemur kacang tanah yang sudah dikupas di bawah terik matahari selama enam jam lama. (Ivanna Okta/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini: