Liputan6.com, Jakarta – Setiap kita pasti mendambakan rumah yang bersih dan rapi agar nyaman ditempati. Selain itu, rumah yang bersih dan rapi juga akan menjagamu dari pandangan negatif tamu yang berkunjung ke rumah Anda.

Sayangnya, sangat sulit menjaga kebersihan dan kerapian rumah kita. Apalagi, di zaman yang serba modern ini, kita tidak hanya hidup di rumah, melainkan juga menikmati hidup mereka di luar rumah, baik untuk bekerja maupun bersosialisasi.

Menciptakan rumah agar tetap bersih dan rapi pun memiliki trik tersendiri. Dilansir dari HuffPost, Sabtu, 26 Januari 2019, inilah rahasia agar rumah Anda tetap bersih dan rapi saat dilihat orang.

1. Kenali Bedanya Rapi dan Bersih

Rapi dan bersih jelas-jelas punya makna yang berbeda. Anda bisa saja punya rumah yang bersih, lantai yang dipel, dan kamar mandi yang bersih bersinar. Tapi, belum tentu rumah tersebut bisa dibilang rapi.

Buktinya, masih ada pakaian yang belum ditata di lemari, tempat tidur yang belum dibereskan, dan barang-barang yang berserakan di rumah. Jadi, bila Anda membersihkan rumah, jangan lupa sekalian merapikannya agar bisa memberikan kenyamanan tersendiri bagi Anda.

2 dari 3 halaman

Rutinitas

Kegiatan bersih-bersih dan beres-beres rumah harus dijadikan rutinitas dalam hal kecil (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

2. Memiliki Rutinitas Beres-beres Rumah

Biasanya, mereka yang rumahnya rapi punya rutinitas merapikannya sendiri, lho. Mereka tidak menunggu waktu hingga rumahnya kotor atau berantakan sehingga tidak menghabiskan waktu yang banyak untuk membersihkannya.

Mereka memiliki rutinitas agar menjaga kamar mereka tetap rapi, seperti merapikan tempat tidur setelah bangun, memastikan anak-anak mereka menaruh kembali mainannya di kotak mainan, atau langsung melipat pakaian setelah selesai dicuci dan dijemur.

3. Membersihkan Ruangan atau Barang Setelah Menggunakannya

Sama seperti beres-beres, kebersihan ini juga harus dirutinkan dan dibiasakan. Bila dilakukan segera, kita tidak perlu membiarkan waktu dan tenaga kita habis kala kita membersihkannya dalam sekali waktu. Contoh kebiasaan ini adalah mencuci piring setelah makan, membersihkan remah-remah roti yang berceceran dan tidak membiarkannya, atau melap wastafel dapur setelah digunakan.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Penataan barang yang minimalis pun merupakan salah satu kita rumah rapi. (dok. Instagram @deco.fr/https://www.instagram.com/p/BsPIUIulJcN/Esther Novita Inochi)

4. Hanya Memiliki Sedikit Barang

Sedikit barang yang dimaksud di sini bukan berarti Anda harus menjual semua barang tersebut. Namun, taruhlah barang yang berguna di tempat-tempat yang terbuka, seperti meja, konter, lemari, dan lain-lain.

Selebihnya, simpan dalam lemari bila masih diperlukan atau di gudang bila tidak lagi diperlukan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengorganisir barang-barang sesuai keperluan Anda, di samping membuat rumah Anda terlihat rapi.

5. Memiliki Tempat Khusus Sampah

Sejatinya, tidak ada manusia yang sempurna, termasuk dalam hal bersih-bersih ruangan. Hal itu juga berlaku bagi orang yang dikenal paling bersih sekalipun. Bisa saja mereka sebetulnya belum siap dikunjungi saat rumah masih dalam keadaan mereka.

Itulah trik mereka, tempat khusus sampah, bisa juga lemari atau laci. Mereka menyimpan dulu semua sampah yang terdapat di rumah tersebut ke dalam lemari dan baru membuangnya kala tamu sudah pulang. (Esther Novita Inochi)