Liputan6.com, Jakarta – Sudah lama sejak telur dipakai sebagai salah satu bahan pembuat kue. Biasa digunakan untuk merekatkan dengan memakai bagian putih telur dan mengikat rasa, bahan ini dinilai esensial nan tak boleh ditinggalkan.

Namun demikian, ternyata ada beberapa bahan yang bisa dipakai sebagai pengganti telur. Satu kabar gembira bagi Anda yang memang tidak sebegitu suka atau malah harus menghindari konsumsi produk hewani itu. Berikut ulasannya menurut Fimela.com.

Bubur buah

Pisang, kurma, serta apel yang dihaluskan dinilai bisa berperan seperti telur. Gantikan sebutir telur dengan 75 gram bubur buah-buahan ini saat membuat kue. Tambahkan juga porsi bahan pengembang sebanyak 25-50 persen. Bahan ini sangat pas untuk membuat kue, brownies, dan roti.

Cuka

Cuka bisa membuat kue yang dibuat terasa light dan lembut. Tinggal campurkan saja 1 sdt baking soda dengan 1 sdm cuka untuk setiap satu telur yang digantikan. Resep ini sangat pas untuk membuat aneka kue, cupcake, dan roti.

Buttermilk, Yogurt, dan Baking Soda

Bahan-bahan ini pun bisa jadi pengganti telur yang pas. Buttermilk, misalnya. Anda bisa campur bahan tersebut dengan susu non-dairy dan cuka. Bahan ini cocok untuk membuat aneka kue kering, cupcake, kue, muffin, juga roti. (Ivana Okta/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini: